Minggu, 11 April 2010

BELAJAR SUNDA

Hellooow, untuk orang-orang jowo yang baru memasuki dunia sosial di negri sunda, yuk kita share disini 

Dulu, waktu pertama kalinya aku meninggalkan lingkunganku dan pertama kalinya bersosialisasi dengan orang sunda, hal yang aku rasakan bingung campur takut. Abisnya aku kan belum punya keterampilan berbahasa sunda. Mau kenalan susah, mau ngomong ini itu susah, pokoknya belum bisa berinteraksi sama sekali 
Beruntunglah aku ketemu sama orang jawa juga, tapi... 
Ternyata dia berbeda sama aku, jawa dia tuh jawa kayak orang tegal gitu deh. Tapi lumayan deh, ada temen, walaupun gak mudeng dikit :-P . Dia juga sudah lumayan lancar sundanya, lumayanlah buat translatorku di dunia baru ini :-D . kalau gak punya translator, tentu kita bakalan dimain-mainin sama orang-orang sono.
Suka dukaku di negri orang kadang lucu, kadang menyedihkan, dan kadang menyebalkan. Aku sering tertipu dengan kata-kata sunda. Yah, dasar temen-temenku yang iseng. Mereka ngajarin beberapa kata yang gak bener, alias saru kata orang jowo. Mereka nyuruh aku buat bilang suatu kata yang aneh yang artinya ini. Dasar begonya aku, aku mau-maunya disuruh bilang ini itu., padahal artinya hiiiy... Buat aku malu ajah di depan orang-orang. Akhirnya, kupikir di lingkungan yang baru ini aku harus survive :-P , aku harus bisa belajar bahasa mereka mati-matian :-D
Untuk belajar basa sunda itu gak gampang loh, karna lidah jawa sama sunda itu beda. Coba ajah orang jawa bilang “PEUYEUM”, dijamin tuh mereka akan bilang “PEYEM”. Walaupun cukup sepele, “EU” itu merupakan hal yang membedakan orang sunda asli bin tulen dengan orang sunda bajakan :-P . Beruntunglah aku, setelah bertahun-tahun mendalami basa sunda, ahirnya bisa bilang PEUYEUM juga 
Sekarang aku sudah bisa sunda loh  , sudah lumayan mengerti bahasa mereka. Lumayan deh, walaupun sedikit kasar. Aku baru bisa pakai basa sunda yang untuk teman sebaya ajah. Karna untuk orang yang lebih tua atau jabatannya lebih tinggi dari kita, kita harus pakai basa sunda yang halusnya. Kayak di jawa, bahasa yang begitu sama dengan bahasa jawa kromo inggil.
Kalau kita belum bener-bener bisa menguasai basa sunda sampe yang basa halusnya, jangan coba-coba deh ngomong sama orang sunda tulen yang baru kenal. Nanti yang ada, kita malu sendiri loh. Karna dianggap kasar, nanti dibilang gak sopan lagi, padahal kita cuma lagi test kemampuan doank, hehehe...
Nah, untuk kalian yang berhijrah ke negri sunda dan merasa sudah lancar basa sunda, ayo test kemampuan basa sunda kalian dengan kata-kata yang mengandung huruf “EU”, kayak kata PEUYEUM, HANDEUEUL, HENTEU, jeung sajabana :-D .
Untuk yang baru belajar, ayo cari temen buat translator yang baik dan bener. Bukan di bahasanya ajah yang baik, orangnya juga loh. Biar gak dikerjain  . Gak mau kan, kita dipermalukan gitu? ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar