Kamis, 14 April 2011

entahlah

terkadang terpikirkan, bisakah kita ikhlas?
yah, sebuah kata yang mudah untuk diucapkan.
tapi sangat sulit dijalankan, dari hati.
bahkan orang yang paling hebat sekalipun.

di saat kita tertimpa musibah
yang paling berat yang pernah kita alami
bisakah kita menerimanya?
di saat kenyataan paling pahit yang harus kita terima
di saat angan yang tak bisa terwujud
di saat semuanya tak sejalan dengan apa yang kita mau
di saat semua rencana tak bisa terealisasikan
di saat kekecewaan melanda hati
masihkah kita mampu untuk tersenyum?
masihkah kita bisa ikhlas menjalaninya?

berat...
benar-benar berat...
walaupun mulut bisa berbohong
walaupun kesedihan bisa disembunyikan
walaupun raut muka selalu tersenyum
tapi hati yang sakit?
apakah masih bisa terobati?

hanya dengan mendekatkan diri kepada-Nya
kita bisa menjadi tenang
kita bisa menjadi lebih baik
yah, memang
itulah saran termudah untuk diucapkan

tapi....
di saat logika tak dapat difungsikan dengan baik
di saat hati terisi dengan rasa marah, dendam, kecewa
aku tak munafik
aku belum bisa untuk bersabar
aku belum bisa menerima kenyataan
aku belum bisa untuk ikhlas
yah, mungkin akulah manusia hina
tak mensyukuri apa yang didapat
tapi apa dayaku?

aku tau, Allah tak akan memberikan cobaan
yang tak sesuai dengan kemampuan makhluk-Nya
aku tau itu, aku mengerti itu
aku sadar ini adalah sebuah pembelajaran hidup
agar aku menjadi kuat menjadi dewasa
atau mungkin ini adalah sebuah teguran-Nya
karna Dia tak mau aku jauh dari-Nya
karna Dia teramat sayang padaku
sehingga cobaan ini menerpaku
aku bisa terima itu
tapi...


dalam mencapai sebuah keikhlasan
dengan menjalaninya penuh kesabaran
mungkin sangat lambat
tapi proses menuju hal itu sangat sulit
yah, aku memang orang awam
aku tak mampu keluar dari permasalahan ini
yang mungkin mudah menurut orang

tapi apa dayaku?
aku memang lemah

belajar menikmati hidup itu mudah
jika kita bisa melewati setiap ujian
jika kita bisa mensyukuri apa yang kita dapat
tapi akan terasa sulit
jika kita mendapatkan ujian yang paling berat
jika kita tak bisa menerima kenyataan pahit yang harus kita terima
mungkin bisa stress, depresi, frustasi, gila
bahkan yang paling mengerikan menyakiti diri sendiri
sampai akhirnya bunuh diri

mungkin kau akan menyimpulkan aku ini tak punya iman
mungkin saja, tapi masih ada sedikit di sudut hati ini
mungkin imanku tak setebal kau
sehingga aku bisa seperti ini
yah, mungkin saja

mungkin kau kira aku rendahan
aku banyak dosa
sehingga pantas mendapatkan cobaan seperti ini
yah, mungkin saja
hanya berusaha menjadi lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar